Ketua DPR RI Puan Maharani Serukan Perdamaian di Ukraina

- Minggu, 20 Maret 2022 | 14:20 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (Kabar Pesisir / Darojat)
Ketua DPR RI Puan Maharani (Kabar Pesisir / Darojat)

KABAR PESISIR  - Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan akan mendorong pembahasan krisis Ukraina dalam 144th Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly & Related Meetings yang diselenggarakan pada 20-24 Maret 2022 di Nusa Dua, Bali.

Sebagai President of Assembly pada IPU ke-144, Puan menyatakan akan mengajak Majelis sidang IPU membicarakan resolusi konflik antara Rusia dan Ukarina.

“Parlemen perlu lebih terlibat dalam pembahasan isu-isu internasional. Peran Parlemen diperlukan untuk memberi dukungan kepada kesepakatan internasional termasuk pada isu perdamaian dan keamanan internasional yang juga menjadi perhatian karena dunia belum sepenuhnya terbebas dari konflik,” kata Puan.

Baca Juga: BPJPH Kementerian Agama Sediakan Sertifikat Halal Gratis Bagi UMK, Ini Kuotanya

Hal tersebut disampaikannya jelang pembukaan IPU ke-144 di Bali International Convention Centre (BICC) Nusa Dua, Sabtu 19 Maret 2022.

Menurut Puan, parlemen dapat berperan untuk membangun kepercayaan dan bisa menjadi jembatan dalam mengurangi perbedaan antar negara.

“Kita akan berdiskusi soal aksi penting mengenai Ukraina. Kami akan menyerukan agar perang di Ukraina dapat segera dihentikan dan dilakukan gencatan senjata,” ucap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Puan pun menyatakan IPU ke-144 akan ikut berpartisipasi agar konflik antara Rusia dan Ukraina diselesaikan dengan dialog dan diplomasi. Selain itu, kata Puan, IPU ke-144 akan mendorong agar akses kemanusiaan kepada rakyat sipil dapat terjamin.

“Agar para pihak menghormati hukum interasional, Piagam PBB, dan integritas teritori suatu negara diteguhkan,” tegas perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Puan sebelumnya sempat mengingatkan pentingnya Piagam PBB dalam resolusi konflik antara Rusia dan Ukarina. Piagam PBB sendiri bertekad untuk menyelamatkan generasi mendatang dari bencana perang.

Halaman:

Editor: Darojat

Sumber: Facebook

Tags

Terkini

X