• Senin, 28 November 2022

Apa Sih yang disampaikan Walikota Tegal kepada ASN Soal Insan Pers

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 07:12 WIB
Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono (Anis Yahya)
Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono (Anis Yahya)

Kabar Pesisir – Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengapresiasi kinerja para insan pers baik media cetak maupun online di Kota Tegal karena telah menyajikan informasi dan edukasi yang bermanfaat kepada masyarakat Kota Tegal.

Walikota Tegal Desy Yon juga tak lupa menyampaikan bahwa peran media atau insan pers sebagai kontrol sosial dalam pelaksanaan pembangunan di Kota Tegal sehingga dapat berjalan sesuai ketentuan dan peraturan berlaku.

‘’Media massa menjadi sarana strategis dalam penyampaian informasi secara masif, terutama dalam saluran komunikasi politik. Sehingga peran media (insan pers) sangat signifikan untuk menegakkan negara yang berdemokrasi, salah satunya sebagai corong pemerintah kepada masyarakat terkait kebijakan maupun informasi pemerintahan,’’ ujar Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono saat membuka Media Gathering yang dilaksanakan di Gedung Adipura Komplek Balai Kota Tegal, Kamis, 27 Oktober 2022 siang.

Baca Juga: Seminar Kesehatan Prodia Kota Tegal, Waspadai Penyakit Jantung Koroner Usia Muda

Selain itu, Wali Kota Tegal berharap media atau insan pers dapat mempertahankan jati diri independensinya dalam objektivitas yang berimbang terhadap pemberitaanya.

Dapat berarti bahwa media diharapkan steril dari kepentingan manapun, bahkan menjauhi diri sebagai agen politik salah satu pihak.

‘’Indepedensi menjadi bagian penting untuk menjalankan fungsi media (insan pers) sebagai agen sosialisasi informasi ke masyarakat agar meningkatkan partisipasi masyarakat dalam demokrasi," ujarnya.

Para insan pers atau media, menurutnya harus saling berkolaborasi memperkuat perannya dalam menjaga keutuhan bangsa. Terlebih di era disrupsi, dimana informasi bertebaran bisa didapatkan secara cepat dari berbagai kanal dengan mudahnya memenuhi kebutuhan informasi masyarakat, tanpa tahu kebenarannya.

"Dengan begitu, rekan media seharusnya memiliki pemahaman yang utuh dan komprehensif terhadap informasi yang akan diberitakan. Supaya keharmonisan komunikasi dari setiap pihak dapat berjalan secara proposional tanpa terpengaruh atas dinamika politik yang sering bergejolak," kata Dedy Yon.

Halaman:

Editor: Anis Yahya

Tags

Terkini

Walikota Tegal Lantik 84 Orang Pejabat Fungsional

Rabu, 23 November 2022 | 19:46 WIB

TIga Raperda DIsetujui DPRD Kota Tegal

Rabu, 2 November 2022 | 03:39 WIB

Terpopuler

X