• Senin, 28 November 2022

Begini Respon Jokowi dan Maruf Amin Soal Gempa Cianjur

- Rabu, 23 November 2022 | 03:53 WIB
Presiden RI Joko Widodo tinjau korban gempa bumiCianjur
Presiden RI Joko Widodo tinjau korban gempa bumiCianjur

Kabar Pesisir - Data terkini, Selasa, 22 November 2022 pukul 5 sore, korban gempa bumi Cianjur, Jawa Barat yang meninggal dunia sebanyak 252 orang diantaranya terdapat 31 orang masih belum diketemukan. Jumlah tersebut diunggah akun resmi instagram pemerintah Kabupaten Cianjur, Selasa, 22 November 2022.

Sekira 2.834 rumah yang dilaporkan rusak akibat guncangan gempa bumi Cianjur berkekuatan magnitudo 5,6 tersebar pada 10 kecamatan diseluruh Kabupaten Cianjur termasuk diantaranya 5 fasilitas kesehatan, 5 tempat ibadah dan 13 fasilitas pendidikan serta 2 jembatan mengalami kerusakan akibat gempa.

Ke 10 kecamatan yang terdampak gempa bumi Cianjur antara lain Kecamatan Cianjur, Cilaku, Karang Tengah, Cibeber, Warungkondang, Gekbrong, Cugenang, Sukaluyu, Sukaresmi serta Kecamatan Pacet.

Selain ratusan korban jiwa, ada sekira 1.000an lebih orang terluka dan terjadi eksodus pengungsi mencapai 50 ribuan orang lebih yang mengungsi.

Sementara itu Presiden Jokowi melalui akun twitter resmi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan nama akun Joko Widodo @jokowi menyampaikan duka cita yang mendalam atas terjadinya musibah gempa bumi Cianjur berkekuatan magnitudo 5,6 yang begitu banyak menelan korban jiwa, luka-luka dan kerusakan rumah penduduk.

"Siang ini juga, saya ke Kabupaten Cianjur dengan mobil untuk memastikan korban gempa mendapatkan penanganan yang memadai," tulis Jokowi dalam akun twitter tersebut.

"Saya sengaja memilih jalur darat untuk memastikan akses jalan yang sempat tertutup akibat gempa sudah kembali terbuka. Dengan begitu, bantuan logistik, seperti makanan, obat-obatan, dan bantuan lainnya tidak terhambat dalam pengiriman," tulisnya.

"Saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas terjadinya musibah gempa bumi ini. Saya telah memerintahkan seluruh jajaran pemerintah terkait untuk bekerja sama membantu penanganan pascagempa bumi, dari evakuasi dan penyelamatan korban, hingga perbaikan jalan di lokasi," ujar Presiden.

Halaman:

Editor: Anis Yahya

Tags

Terkini

Walikota Tegal Lantik 84 Orang Pejabat Fungsional

Rabu, 23 November 2022 | 19:46 WIB

TIga Raperda DIsetujui DPRD Kota Tegal

Rabu, 2 November 2022 | 03:39 WIB

Terpopuler

X