60 Persen Penghuni Lapas Merupakan Napi Kasus Narkoba

- Jumat, 17 Juni 2022 | 21:16 WIB
Kepala BNN Kota Tegal, Sudirman, SAg, MM, Kalapas IIB Tegal, Andi Yudho Sutijono, A.Md.IP, S.Sos, M.Si, dan Kapolres Tegal Kota, AKBP Rahmad Hidayat, SS usai menyampaikan materi dalam program Training In Class di Aula Lapas IIB Tegal, Kamis, 16 Juni 2022 (Kabar Pesisir / Anis Yahya)
Kepala BNN Kota Tegal, Sudirman, SAg, MM, Kalapas IIB Tegal, Andi Yudho Sutijono, A.Md.IP, S.Sos, M.Si, dan Kapolres Tegal Kota, AKBP Rahmad Hidayat, SS usai menyampaikan materi dalam program Training In Class di Aula Lapas IIB Tegal, Kamis, 16 Juni 2022 (Kabar Pesisir / Anis Yahya)

Kabar Pesisir - Lapas IIB Tegal menjadi tuan rumah terselenggaranya Training In Class dengan di ikuti 37 CPNS dari Kota/Kabupaten Tegal, Brebes dan Pemalang yang bakal dikaryakan di lapas-lapas tersebut, bertempat di Aula Lapas IIB Tegal, Kamis, 16 Juni 2022 malam.

Training In Class di Lapas IIB Tegal tersebut menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Kepala BNN Kota Tegal, Sudirman, SAg, MM yang menyajikan materi berjudul Peredaran Narkotika di Lapas/Rutan dalam Perspektif BNN. Narasumber kedua, Kapolres Tegal Kota, AKBP Rahmad Hidayat, SS yang memaparkan Potensi Gangguan Keamanan di Lapas/Rutan dalam Perspektif Kepolisian.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas IIB Tegal, Andi Yudho Sutijono, A.Md.IP., S.Sos, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa acara program Training In Class merupakan pembekalan bagi para CPNS Lapas yang akan bekerja sebagai petugas lapas atau bahkan kelak menjadi unsur pimpinan di lembaga itu.

Baca Juga: Layanan Person to Person Bagi Para Pencaker di Job Cafe Disnakerin Kota Tegal

"Khususnya bagi CPNS penerimaan tahun 2021 sebanyak 33 orang dari lapas IIB Tegal sebanyak 17 orang dan dari lapas Brebes 13 orang serta perwakilan dari Rutan Pemalang 3 orang," ujar Kalapas IIB Tegal, Andi Yudho Sutijono kepada Jurnalis Kabar Pesisir semalam.

Menurutnya tujuan diselenggarakannya program Training In Class tersebut untuk menyatukan satu persepsi tentang bagaimana pola kerja calon pegawai di lingkungan lembaga pemasyarakatan.

"Tujuannya adalah memberikan cara berpikir yang sama, bahwa pekerjaan di lapas itu ada regulasi dan ada resikonya, dan BNN serta Polres adalah mitra kerja. Sebagai narasumber, kepala BNN dan kapolres bisa memberikan wawasan yang lebih luas bahkan juga lebih tajam menyadarkan mereka, bahwa mereka harus bekerja hari-hati di lapas, bekerja sungguh-sungguh di lapas dan ditekan berulang-ulang, mereka jangan menjadi bagian dari pengkhianat terutama urusan narkoba dan lainnya juga," ungkapnya.

Baca Juga: Nyonyah Dedy Yon Bangga Anak RA PAUD Sakila Kerti Kota Tegal Nyanyi Berbahasa Inggris

Sementara Kepala BNN Kota Tegal Sudirman S,Ag saat menyampaikan materinya menyebutkan, jika dulu narapidana narkoba baik dari Bandar, kurir dan pecandu dicampur menjadi satu, sekarang ini harus dipisah-pisah.

Hal tersebut juga menindaklanjuti perintah Presiden, bahwa pecandu harus dipisah dengan Bandar dan kurir. Sebab, jika tetap dicampur maka sangat berpeluang nantinya bisa menjadi kurir yang terdidik oleh para sindikat.

Halaman:

Editor: Anis Yahya

Tags

Terkini

Disnakerin Kota Tegal Akan Panggil Dirut PT MJM

Selasa, 1 November 2022 | 19:15 WIB
X